Aplikasi Ilmu Ukur Tanah atau Survey dengan AutoCAD

AutoCAD mempunyai Koordinat dan 3 metoda penggambarannya, seperti Metoda Koordinat kartesius (X,Y), Relatif (@delta X, delta Y), dan Polar (@panjang<sudut).

Metoda Polar ini dapat dikembangkan untuk menggambar hasil pengukuran dari praktek Ilmu Ukur Tanah (IUT / Survey).

Namun ada beberapa penyesuaian yang harus diatur:

a. Metoda penulisan sudut harus diganti dari “0 derajat 0 menit 0 detik” ==> AutoCAD menganut bentuk penulisan “0d 0′ 0″.

b. Selain itu arah 0 derajat pada AutoCAD standarnya ke arah jam 3 atau arah Timur, sedangkan dalam survey arah 0 derajat selalu kearah jam 12 atau arah Utara.

c. Arah perputaran sudut pada AutoCAD adalah berlawanan dengan jarum jam (unclock wise), sedangkan dalam survey putaran alat Theodolit searah jarum jam.

Berikut ini cara mengatur 3 hal diatas:

1. Pilih Menu Format –> Units

2. Kemudian pada jendela Drawing Units, bagian Angle, tukar Type: Decimal Degrees dengan Deg/Min/Sec, lalu Precision menjadi 0d00’00”, jangan lupa klik Clockwise, akhiri dengan klik tombol Direction.

3. pada windows Direction Control klik North lalu OK

4. Pada windows Drawing Units klik tombol OK.

Sekarang AutoCAD telah siap untuk menerima imputan data Survey.

Misalkan ada data survey seperti dibawah ini:

Untuk menyelesaikan tugas diatas dengan AutoCAD dilakukan langkah berikut ini:

1. Buat sebuah garis dengan LINE yang dimulai dari titik 0,0 ke arah utara / jam 12 sejauh 30 meter

LINE enter

0,0 enter

@30<0 enter 2x

2. Buat sebuah garis dengan LINE yg jg dimulai dari 0,0 ke arah 12d21’48” sejauh 29.4 meter (titik A-P1)

LINE enter

0,0 enter

@29.4<12d21’48” enter 2x

3. Buat sebuah garis dengan LINE yg jg dimulai dari 0,0 ke arah 26d22’0″ sejauh 16 meter (titik A-P2)

LINE enter

0,0 enter

@16<26d22’0″ enter 2x

4. demikian seterusnya hingga titik A-P9.

sehingga menjadi gambar dibawah ini:

Lalu dengan perintah POLYLINE hubungkan semua titik, dimulai dari titik P1 – P2 – dst – P9.

Aktifkan PROPERTIES dengan cara tekan tombol CTRL + 1, lalu klik garis Polyline (warna biru), sehingga didapat informasi Luas dan Keliling.

InsyaAllah bermanfaat.

72 Tanggapan

  1. amin………………..

  2. Bagaimana cara membuat contur dengan menguakan program AutoCAD dengan data X,Y,Z dari hasil pengukuran yang telah dihitung.

  3. aduh.. saya tetap gak ngerti.
    bisa tolong ukurin gak?!
    saya punya tanah luasnya 3,2 hektar tanah itu bekas sawah sekarang saya mau uruk dengan ketinggian 50 cm lebih tinggi dari badan jalan, pertanyaannya. berapa banyak jumlah kubikasi yang saya perlukan guna pengurukan tersebut, mohon bantuannya. saya tunggu jawabannya via email, terima kasih.

  4. saya maw nanya, gimana caranya membuat data yg kita dapat dari Cad, LINK dengan XL.

  5. Ass Wr Wb.
    Kang bisa berikan petunjuk kesaya bagai mana cara penngimputan data ukur di Exel diplot di A Cad atau sebaliknya gambar hasil pengukuran dapat di cetak atau tampil di excel Terimakasih kang Wass Wr Wb.

  6. wah bermanfaat banget tuh….
    ilmu tuh g bakalan bisa bermanfaat jika g d bagi2

    SUKSES kang

  7. waah keren abizz.. aku baru tau cara itu, thaxs yah.. semoga aku dapat ilmu lagi deh dari blog ini. he.e.e.e

  8. boleh minta aplikasi ilmu ukur tnah ga’????please

  9. Misalnya apa? Autodesk selaku pembuat software CAD juga memiliki aplikasi pendukung seperti Autodesk Survey, Autodesk Land Desktop dan Autodesk Civil Design (3D), di autodesk Map juga ada. Disana ada fasilitas yg membantu dlm input data pengukuran dengan nama COGO. Insyaallah saya mau menulis ttg ini juga.

  10. adakah buku bapak yg bisa saya dapatkan.
    utk gbr ukur tanah via autocad dalam bentuk 2d or 3d

  11. tidak akan dipublikasikan

  12. tolong jelaskan dan beri contoh cara menentukan titik as pertama pada gedung dengan menggunakan bantuan koordinat.

  13. assalamualaikum .tolong kasih contoh cara menentukan titik as pertama pada gedung dengan menggunakan bantuan koordinat.masalahnya saya mengacu pada jalan atau gedung existing.

  14. gmna cra yg pling mudah, untk mempljri ilmu tnah..

  15. banyak cara fren.. yng jelas pahami dulu perhitungan data lapangan. yang diinput biasanya koordinat x, y, z (elevasi) dan point.. ad yang pke Autolist, PCL, QuickSurf, LD, dll pokoke buaanyak..

  16. Dibutuhkan surveyor di Doha qatar:
    Qualifikasi menguasai alat ukur dan Plot ke dalam Autocad. Untuk proyek Jalan, Highrise, Airport dan Infrastructure

    Paket:

    1. Basic salary.
    2. Company Provide Accomodation
    3. Company Provide Transportation
    4. Return ticket Jakarta-Doha_Jakarta

    peminat kirim Cv ke

    s.adipura@steelfab-qatar.com

  17. Boleh d coba ?!

  18. salam kenal saya baru tahu kalau ada blog sbagus ini,,,,,

  19. bagaimana membuat segitiga tidak sama sisi secara otomatis. misal panjang sisi nya 3cm, 6cm,7cm
    tolong ya.

    thanx

  20. makasih mas sebelumnya. tutarial mas sangatlah bermanfaat. mas minta ijin a tutorial a dicopy en paste untuk referensi tutorial yang sedang saya buat.

  21. @wiwin: iya, silakan copy, semua ilmu milik Allah SWT

  22. trima kasih banyak mas.

  23. amin mas, mantap info na gan

  24. bagus juga nih, ada buku yg tersedia (yg dijual)..

  25. tolong bagaimana cara hitung kubikasi tanah karna saya mau pelajari untuk menambah pengetahuan thanxs

  26. siip siipp…

  27. Makasi banget,, Udah mw ajarin kami yg lom ngerti tentang ne,, good luck all :)

  28. terimakasih banyak pak atas tutorialnya,saya masih awam nih soal ACAD mohon petunjuknya,senang sekali bisa ketemu blog ini

  29. maaf mau nanya klo mau menuangkan hasil pengukuran dgn gps gimana pak,mohon pencerahanya pak…………….terimakasih sebelumnya

  30. Saluut untuk semua yang mau Belajar!!
    Sedikit informasi nih!! kali aja berguna
    Dengan dasar AutoCAD yang telah teman teman kuasai, sudah cukup tuk jadi modal mengembangkan kemampuan Anda tetap dalam bayang AutoCAD tetapi dengan Perspektif yang lebih powerfull, misalnya ke Autodesk Land Desktop untuk land developer dan ke Autodesk Survey untuk para surveyor, logika perintah dari AutoCAD tetap sama untuk aplikasi2 tersebut.

    Hormat untuk semua, maju terus, sikat semua ilmu jangan mau kalah!

    Darius Ps

  31. makasih bangey kang…sangat bermanfaat bagi saya..sekali lagi terimakasih..sukses selalu..

  32. Mas….bgman untuk tau data kordinat nya lo gambar pake polar.thx be4

  33. aq senang banget baca ni

  34. ikut menyimak dan luar biasa tutornya
    salamkenal gan

  35. tlng ajarkan saya dong….sya mahasiswa baru ne d teknik sipil…tlng ya.

  36. Simpel dan jelas,, itu bekerja dengan bagus,, nice,,

  37. saya berharap pembljaran tentang ilmu ukur tanah di di perbanyak lagi,,karna iuni sangat penting bwt saya.

  38. saya ingin tau bagaimana caranya membuat kontur?

  39. alhamdulillah, bagus banget pak faisal, kebetulan saya juga sedang belajar CAD nie,

  40. asik , ilmu nambah .. thanks bgt pak :)

  41. koordinat KARTESIUS,pernah aku coba tapi bigung jadinya (posisi)koordinat ngak muncul.Bisakah diberikan contoh seperti metdode diatas POLAR.atas realisasinya aku ucapkan banyak terimah kasih

  42. ada kah tempat kursus ilmu pengukuran …?

  43. adakah terjadi kesalahan yang mungkin tidak kita sadari dalam menggambar

  44. TERIMA KASIH BANYAK

  45. thank you nya

  46. bisa ga peta kontur berupa data x, y,z di masukkan ke autocad sehingga hasil 3D nya bisa tampil

  47. Trima kasihm atas bagi ilmunya

  48. saya masih blm begitu mengerti kang. . .saya cobas lagi

  49. ma’af ada yang punya file input data ukur TO terutama untuk cros sectionnya kalau ada yang punya bisa dibantu kirimkan ke email saya saya akan berterimakasih baik secara lisan atau materi

  50. kalau ada yang punya infut data ukur cros section mohon e-mail syahrulvn346@gmail.com sebelumnya konfirmasi ke 087846404047,081340473377

  51. untuk persoalan membuat cross section dari alat ukur.TO,T2,ts atau dari file exell hub. Soleh 082111065750, email : soleh_svr@yahoo.com semua pekejaan survey dapat di konsultasikan

  52. kalau untuk ploting dua dimensi dari excel ke cad itu perkara mudah hub. email : soleh_svr@yahoo.com

  53. Sharing yang bermanfaat sekali, terima kasih

  54. Tanya mas, bagaimana membuat dan menempelkan video seperti di tutorial ini. Pengunjung bisa lebih paham dengan melihat video yang berjalan sendiri. Salam Sipil

  55. sy ingin belajar untuk menghitung volume dgn lld 2009,tlng petunjukny mas..trmksh bnyk mnambh ilmu.

  56. mas utuk menampilkan peta kedalam 3D,gimn caranya??trmksh

  57. ada galowongan surveyor untuk di eropa hehe ngaran trim

  58. Mas,saya punya gambar situasi tanah skala 1:250,bisa tolong diukur dengan autocad

  59. This valuable article, “Aplikasi Ilmu Ukur Tanah atau Survey dengan AutoCAD Faisalashars UNP” illustrates that
    u know what precisely you’re speaking about! I actually fully agree with your blog. Thanks ,Armand

  60. Your write-up offers verified necessary to us. It’s very useful and you’re naturally really well-informed in this area. You have popped my own eye to different opinion of this particular topic together with intriguing and solid content material.

  61. sangat bermanfaat semoga alloh membalas kebaikan anda

  62. terimakasih slog yg sangat bermanfaat :)

  63. jika minat saya punya program untuk menggambar cross, long section dan situasi.. jika minat bisa sms ke no ini 081539915331

  64. sangat membantu, terima kasih …

  65. rudy hw. mas saya mau gambar hasil ukur dg auto cad tp kok selalu hilang saat d simpan

  66. Saya baru mulai belajar di bidang surveyor ni brother,lagi merintis di sebuah kontraktor di jakarta.masih harus banyak belajar.mohon doanya brother n info2 kalo ada lowongan di luar pulau jawa yg salarynya pas.

  67. terimakasih kang bermanfaat sekali….
    kalau cara membuat contur tanah gmn kang treima kasih sblm nya

  68. bagus banget…. ini namanya ilmu yg bermanfaat

  69. saya bekerja di sbh kontraktor di jkt. sbg drafter AutoCAD & Tekla,
    barang kali ada yg butuh gbr shop Drawing baja hub.di (syarifudinengkus@yahoo.co.id)

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

